Rabu, 13 Mei 2015

Jika...



“Jika kalian ada di zaman pergerakan nasional, kira-kira, organisasi apa yang akan kalian ikuti?”
Sesaat setelah mengulang materi pergerakan nasional, guru sejarah saya bertanya demikian. PKI? PNI? Budi Utomo? Apa yang akan saya ikuti?

Setelah mencari informasi tentang organisasi-organisasi yang ada, pilihan saya jatuh pada Indische Partij.

Indische Partij adalah partai politik pertama yang bertujuan pada kemerdekaan Indonesia. Partai ini juga menentang diskriminasi atas orang pribumi dan keturunan Belanda. Indische Partij mengusahakan kerjasama antara keduanya untuk mencapai kemerdekaan. Partai ini juga berusaha untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Jika saya benar-benar ada di masa pergerakan nasional, saya ingin ikut berperan secara frontal, seperti yang dilakukan tokoh-tokoh dari partai ini. Mereka membuat tulisan-tulisan yang membangkitkan semangat untuk mencapai kemerdekaan dan berusaha menghapus diskriminasi. Langkah menjalin kerjasama dengan pihak bumiputera menurut saya adalah tindakan yang baik. Bagaimanapun, dibutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak untuk menggapai cita-cita setinggi kemerdekaan.

Andai saya hidup di zaman itu.
Untuk sekarang, semoga kita semua dapat berperan di zaman ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar