Selasa, 18 Agustus 2015

Nama Tokoh Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Luar Negeri



Tanpa jasa para pahlawan, Indonesia tidak mungkin ada seperti sekarang. Lalu, apa apresiasi yang dapat kita berikan pada para pendahulu kita itu? Sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya kita mengenang para tokoh pahlawan kita. Banyak monumen atau nama jalan yang diperuntukkan untuk mengabadikan nama tokoh para pejuang. Ternyata, bukan hanya di Indonesia mereka dikenang. Nama para pahlawan kita banyak dijadikan nama jalan di luar negeri sebagai bentuk penghargaan. Nah, di mana sajakah nama jalan-jalan tersebut?

BELANDA                                 

Sjahrirstraat - Leiden
Sutan Syahrir adalah nama politikus sekaligus perdana menteri pertama di Indonesia. Beliau pernah berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam dan Leiden School of Indology. Namanya pun diabadikan menjadi sebuah nama jalan di Leiden, tempatnya dulu menimba ilmu.


Mohammed Hattastraat – Haarlem
Nama beliau pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Nama beliau dijadikan nama jalan di sebuah perumahan di Haarlem, Zuiderpolder, sejak  tahun 1987 oleh Walikota R.H. Claudius dikarenakan beliau pernah menimba ilmu di Belanda.

Irawan Soejonostraat – Amsterdam
Irawan Sejono adalah mahasiswa Indonesia yang diakui Belanda sebagai pahlwanan karena perjuangannya melawan Nazi. Saat PD II, beliau adalah anggota Perhimpunan Indonesia di  Belanda. Ayahnya, Adipati Ario Soejono, adalah orang Indonesia pertama yang menjadi menteri dalam kabinet Belanda.

 R.A Kartinistraat - Utrecht, Venlo, Amsterdam dan Haarlem
Raden Adjeng Kartini adalah pejuang hak perempuan baik di Indonesia maupun di Belanda. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di empat kota di Belanda.
 
MAROKO

Rue Soukarno – Rabat
Nama Soekarno diabadikan menjadi nama jalan di Maroko sejak tanggal 2 Mei 1960. Jalan yang awalnya bernama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno ini kini lebih familiar dengan nama Rue Soekarno. Penamaan itu adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno pada Maroko. Soekarno sendirilah yang meresmikan jalan ini. 

MESIR

Ahmed Sokarno St. – Mesir
Pemberian nama jalan Ahmed Sokarno di Mesir menunjukkan suatu hubungan harmonis RI dengan Mesir. Nama Ahmed diberikan karena bung Karno dikenal dengan nama Ahmad Soekarno di Mesir. Nama tersebut diberikan oleh Gammal Abdul Nasser sebagai pemimpin waktu itu. Dipilihnya nama Soekarno untuk nama jalan karena pada tahun 1955 Sukarno berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).

Sumber:
https://www.facebook.com/Indonesia-Perjuanganku
http://www.liveberita.com/2015/03/pahlawan-indo-nama-jl-luar-negeri.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar