Kamis, 13 Agustus 2015

Tugas Sejarah XI - Rumusan Naskah Proklamasi



P R O K L A M A S I

KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA.
HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN
DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA.


DJAKARTA, 17 AGUSTUS 1945
ATAS NAMA BANGSA INDONESIA.
SOEKARNO-HATTA.


Proklamasi. Pasti sudah tidak asing di telinga kita, bukan?
Berhubung tiga hari lagi adalah HUT RI, entry kali ini akan berkutat seputar peristiwa proklamasi kemerdekaan. Seperti yang tercantum di atas, naskah proklamasi sebenarnya sangat pendek dan terlihat mudah untuk dibuat—tapi, sebenarnya merumuskan naskah proklamasi bukanlah perkara mudah.
Tanggal 12 lalu, di kelas Sejarah, guru saya membahas tentang pendudukan Jepang dan peristiwa-peristiwa di sekitar kemerdekaan. Beliau membagi kelas menjadi beberapa kelompok dan member tugas untuk membuat naskah proklamasi, seakan-akan kami ada di rumah Laksamana Maeda.
Nah, merumuskan proklamasi sama sekali tidak mudah. Kami harus memilih kata-kata yang tegas, sekaligus mewakili seluruh rakyat Indonesia. Meskipun hanya simulasi, namun kami merasa tegang seakan benar-benar merumuskan proklamasi tersebut. Bayangkan apabila kami berada di tahun 1945, pasti akan lebih menegangkan. Kami hanya diburu waktu karena jam pelajaran hampir habis, sedangkan Golongan Tua waktu itu harus berkejaran dengan perang. Rasa tegang kami tidak ada apa-apanya.
Kami membacakan hasil rumusan kami di depan kelas. Bangga rasanya, setelah memutar otak mencari-cari kata yang tepat. Berikut hasil rumusan kelompok saya:

Proklamasi
Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa.
Kami, atas nama bangsa Indonesia, menyatakan Kemerdekaan Indonesia.
Dengan ini berakhirlah penderitaan kami dan berdirilah kami sebagai bangsa Indonesia yang merdeka, bersatu dan berdaulat.
Adapun mengenai pemindahan kekuasaan akan dilaksanakan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya, sehingga kekuasaan sepenuhnya berada di tangan bangsa Indonesia.

Jakarta, 17-8-05
Bangsa Indonesia,
Soekarno-Hatta

Perhatian—ini hanya tugas. Pelajaran di sekolah, bukan naskah proklamasi yang asli. Naskah yang asli sudah saya cantumkan di awal.
Nah, begitulah tugas kami hari itu. Seru~
3 hari lagi Indonesia sudah 70 tahun~ Selamat Hari Raya Kemerdekaan, Indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar