Selasa, 18 Agustus 2015

Mengapa 10 November?



Mengapa 10  November?

Kita tahu bahwa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pertanyaannya; Mengapa harus 10 November?
Pada tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran besar di Surabaya yang dikenal sebagai Pertempuran Surabaya atau Peristiwa 10 November. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan. Perang ini juga merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional.
Peristiwa ini dipicu oleh peristiwa perobekan bendera Belanda di Hotel Yamato. Setelah peristiwa itu, meletuslah pertempuran anatara Indonesia dan Inggris yang saat itu menduduki Surabaya. Brigadir Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur, terbunuh. Penggantinya, Mayor Jenderal Robert Mansergh, mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas.
Ultimatum tersebut kemudian dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat. Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar. Ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut. Setidaknya 6,000 - 16,000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan oleh Republik Indonesia hingga sekarang.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_10_November



Tidak ada komentar:

Posting Komentar